PERILAKU KONSUMEN
1.Apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen ?
=> . Perilaku konsumen adalah
proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan,
pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi
kebutuhan dan keinginan
2.Mengapa perilaku konsumen perlu dikaji lebih
mendalam oleh sebuah perusahaan atau industry ?
=> Karena Untuk Mendesain bauran
pemasaran kemudian Mensegmen pasar bisnis terus Memposisikan dan
mendeferensiasikan produk lalu Melaksanakan analisis lingkungan serta
Mengembangkan studi riset pasar
3.Jelaskan pendekatan yang dapat digunakan dalam
analisa perilaku konsumen ?
=> Terdapat tiga pendekatan utama dalam meneliti perilaku
konsumen.
Pendekatan pertama adalah pendekatan
interpretif.Pendekatan ini menggali secara mendalam perilaku konsumsi dan hal
yang mendasarinya.
Pendekatan kedua adalah pendekatan tradisional yang
didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif,
sosial, dan behaviorial serta dari ilmu sosiologi.
Pendekatan ini bertujuan mengembangkan teori dan metode untuk menjelaskan
perliku dan pembuatan keputusan konsumen.
Pendekatan ketiga disebut sebagai sains marketing yang
didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika.Pendekatan
ini dilakukan dengan mengembangkan dan menguji coba modelmatematika berdasarkan
hirarki kebutuhan manusia
4.Faktor apa yang menentukan perilaku konsumen ?
=> a. Faktor Sosial : Grup,Pengaruh Keluarga,Peran dan
Status.
b. Faktor Personal : Situasi Ekonomi,Gaya
Hidup,Kepribadian dan Konsep Diri,Umur dan Siklus Hidup,Pekerjaan.
c. Faktor Psikologi : Motivasi,Persepsi,Pembelajaran,Beliefs
and Attitude.
d. Faktor Kebudayaan : Subkultur dan Kelas Sosial.
5.Bagaimana menyikapi masalah perilaku konsumen ?
=> Sebaiknya konsumen tidak mudah terpengaruh atas
keinginan sesaat, telitilah sebelum membeli, apakah barang yang akan kita beli
itu termasuk kebutuhan atau hanya keinginan dan apakah dapat bermanfaat untuk
kita. Selain itu kurangi pembelian barang yang kurang perlu untuk mengurangi
pengeluaran dan mencegah kita menjadi konsumen yang konsumtif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar