TULISAN 5
Konsumen dalam Produk dan Menentukan Pasar
1. Perkembangan Teori
Perilaku Konsumen
Perkembangan teori
perilaku konsumen didasarkan pada teori ekonomi, yakni yang menjelaskan bahwa
seorang konsumen akan menetapkan kuantitas komoditas yang dikonsumsi dengan
cara memaksimalkan kepuasan.
2. Manfaat Perilaku
Konsumen
Perilaku konsumen
sangat beragam tergantung pada pemanfaat atau pengguna. Terdapat dua kelompok
pemanfaat: kelompok peneliti (riset) dan kelompok yang berorientasi
implementasi .
A. Peran perilaku
konsumen bagi pemasar atau produsen adalah mampu:
1.Membujuk konsumen
untuk membeli produk yang dipasarkan.
2.Memahami konsumen
dalam berperilaku, bertindak dan berpikir, agar pemasar atau produsen mampu
memasarkan produknya dengan baik.
3.Memahami mengapa
dan bagaimana konsumen mengambil keputusan, sehingga pemasar atau produsen
dapat merancang strategi pemasaran dengan baik.
B. Segmentasi Pasar
Jarang seorang
pemasar dapat memuaskan setiap orang dipasar, oleh karena itu, pada pemasar
memulai dengan segmentasi pasar dimana pemasar mengidentifikasi dan
membedakan kelompok – kelompok pembeli yang mungkin Iebih menyukai atau
memerlukan berbagai produk dan bauran sasaran.
Segmentasi pasar
dapat juga didefinisikan sebagai kegiatan membagi-bagi pasar atau market yang
bersifat heterogen kedalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen. Dan
segmentasi pasar sebagai suatu proses pembagian pasar keseluruhan menjadi
kelompok-kelompok pasar yang terdiri dan orang-orang yang secara relatif
memiliki kebutuhan produk yang serupa.
Segmentasi yang
Iengkap membutuhkan biaya yang tinggi, dan kebanyakan pelanggan tidak dapat
membeli produk yang benar-benar disesuaikan dengan kebutuhan. Untuk itu,
perusahaan mencari kelas-kelas pembeli yang Iebih besar dengan kebutuhan produk
atau tanggapan membeli yang berbeda-beda. Segmen pasar terdiri dari kelompok
pelanggan yang memiliki seperangkat keinginan yang sama.
Dengan menggolongkan
atau mensegmentasikan pasar, dapat dikatakan bahwa secara umum perusahaan
mempunyai motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat penjualan dan
yang Iebih penting lagi agar operasi perusahaan am jangka panjang dapat
berkelanjutan dan kompetitif.
1. Manfaat yang lain
dengan dilakukannya segmentasi pasar
Perusahaan akan dapat
mendeteksi secara dini dan tepat mengenai kecenderungan-kecenderungan dalam
pasar yang senantiasa berubah.
Dapat mendesign
produk yang benar-benar sesuai dengan permintaan pasar.
Dapat menentukan
kampanye dan periklanan yang paling efektif.
Dapat mengarahkan
dana promosi yang tersedia melalui media yang tepat bagi segmen yang
diperkirakan akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.
Dapat digunakan untuk
mengukur usaha promosi sesuai dengan masa atau periode-periode dimana reaksi
pasar cukup besar.
2.
Kelemahan-kelemahan dan tindakan segmentasi itu sendiri
Biaya produksi akan
lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek.
Biaya penelitian/
riset pasar akan bertambah searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar
yang ditetapkan.
Biaya promosi akan
menjadi Iebih tinggi, ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon.
Kemungkinan akan
menghadapi pesaing yang membidik segmen serupa.
Bahkan mungkin akan
terjadi persaingan yang tidak sehat, misalnya kanibalisme sama produsen untuk
produk dan segmen yang sama.
Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer